Sosialisasi Kunci Sukses Menjadi Entrepreneur Muda dalam Meningkatkan Product, Branding, dan Marketing bagi Karang Taruna di Desa Kayoman Gunung Kidul

Authors

  • Alfat Khaharsyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Syamsul Hadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Clarita Dwiyanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.62385/budimul.v1i2.50

Keywords:

Entrepreneur Muda, Product, Branding, Marketing, Karang Taruna

Abstract

Tujuan – Penelitian ini membahas strategi sosialisasi kunci sukses menjadi entrepreneur muda dengan fokus pada peningkatan produk, branding, dan pemasaran bagi Karang Taruna di Desa Kayoman, Serut, Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu anggota Karang Taruna memahami konsep dasar bisnis, mengembangkan produk yang berkualitas, memperkuat identitas merek, dan meningkatkan efektivitas strategi pemasaran mereka.

Metode – Metode pengabdian ini melibatkan analisis pasar, pelatihan, dan pendekatan konsultasi dengan pengusaha sukses dan pakar branding.

Hasil – Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa melalui sosialisasi yang efektif, pemahaman mendalam tentang pasar sasaran, pengembangan produk inovatif, serta strategi branding dan pemasaran yang tepat, anggota Karang Taruna dapat meningkatkan daya saing mereka dalam bisnis. Temuan ini

menyoroti pentingnya pendekatan holistik dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan muda di tingkat lokal, yang pada gilirannya dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan komunitas di daerah tersebut.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi, S. (2022). MANAJEMEN STRATEGI, Mendapatkan & Mempertahankan Keunggulan Kompetitif (1 ed.). UST-Yogyakarta.

Hadi, S., Rosiana, A., Widiastuti, R., Pebrianti, E., & Hidayati, S. (2022). Pengembangan Produk Dan Wisata Kakao Kelompok Tani “Ngudi Mulyo” Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul Berbasis Digital Marketing (Google Ads) Dan Sistem Kerja Berbasis Ergonomi. ADARMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Janabadra, 9, 6.

Suharto, F., Kirana, K. C., & Hadi, S. (2022). Analysis of The Effect of Competence and Work Placement on Public Service Performance Through “Satriya” Work Culture in Samsat Bantul. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 6(1), 165. https://doi.org/10.32493/JJSDM.v6i1.20402.

Wahyuni, L., Sofilda, E., Dizar, S., & Hamzah, M.Z. (2022). Peluang Sumber Pendanaan Bisnis pada Sekolah Kewirausahaan Bina Amanah Cordova. Dirkantara Indonesia.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Khaharsyah, A., Hadi, S., & Dwiyanti, C. (2023). Sosialisasi Kunci Sukses Menjadi Entrepreneur Muda dalam Meningkatkan Product, Branding, dan Marketing bagi Karang Taruna di Desa Kayoman Gunung Kidul. Buletin Pengabdian Multidisiplin, 1(2), 46–56. https://doi.org/10.62385/budimul.v1i2.50