Optimalisasi Aplikasi Quizwhizzer dalam Kegiatan Perkuliahan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Firdiawan Ekaputra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.62385/ijles.v1i2.47

Keywords:

Aplikasi Quizwhizzer, Perkuliahan, Motivasi Belajar

Abstract

Motivasi belajar memegang peranan penting dalam keberhasilan mahasiswa dalam belajar. Penggunaan media yang kurang mampu membangkitkan semangat belajar dapat menjadikan motivasi belajar menjadi rendah dan berdampak pada tingkat keberhasilan belajar mahasiswa. Penerapan aplikasi quizwhizzer merupakan fokus penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji optimalisasi aplikasi quizwhizzer dalam kegiatan perkuliahan terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Biokimia II kelas R-001. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi yang mengikuti perkuliahan Biokimia II kelas R-001 tahun akademik 2023/2024. Teknik pengumpulan data motivasi belajar menggunakan angket. Pengisian angket motivasi belajar dilakukan sebelum dan sesudah penerapan aplikasi quizwhizzer dalam perkuliahan. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji paired samples t test. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan aplikasi quizwhizzer dalam kegiatan perkuliahan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Biokimia II kelas R-001.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningsih, W., Sulistiono, M., & Musthofa, I. (2022). Implementasi Aplikasi Quizwhizzer Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(6), 222–231. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Andriani, F., Kamalia, D. L., Ridho, M., Hariyanti, L., Utomo, A., Utomo, A. P. Y., & Prasandha, D. (2023). Penerapan Model ASSURE dengan Menggunakan Media Quizwhizzer dalam Pembelajaran Menganalisis Sistematika dan Kebahasaan Karya Ilmiah Kelas XI. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan (JKPPK), 1(2), 102–114. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.126

Ekaputra, F. (2022). Peningkatan aktivitas belajar melalui implementasi media virtual laboratorium kimia pada masa pandemi covid-19. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 12(1), 22–26. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v12i1.334

Ekaputra, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Mahasiswa Melalui Model Discovery Learning. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran , 8(1), 208–214. https://doi.org/10.30653/003.202392.57

Ekaputra, F., & Hasanah, E. (2021). Peningkatan aktivitas belajar melalui implementasi media virtual laboratorium kimia pada masa pandemi covid-19. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 11(1), 11–16. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v11i1.348

Eriska, D., Aprianti, F., & Rahayu, S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Education Games Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SDN Majalengka Wetan VII. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 1876–1891.

Faijah, N., Nuryadi, & Marhaeni, N. H. (2022). Students’ Responses to QuizWhizzer Educational Game to Strengthen Mathematical Concept Understanding Ability. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 4(2), 94–104. https://doi.org/10.51178/jetl.v4i2.503

Fuldiaratman, F., & Ekaputra, F. (2023). Analysis of Students’ 4C Skills Based on Project Based Learning through Chemo Entrepreneurship Media. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(3), 454–459. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline2057

Fuldiaratman, Rusdi, M., Harizon, Dewi, F., & Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Aplikasi Construct Bagi Guru SMA Negeri 5 Muaro Jambi. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1346–1353. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3145

Haryanto, Ernawati, M. D. W., Fuldiaratman, Afrida, & Ekaputra, F. (2023). Implementasi Aplikasi PhET Simulation dalam Pembelajaran MIPA Berbasis Eksperimen. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1372–1379. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3160

Iskandar, S., Sholihah Rosmana, P., Fazriyah, A., Febriyano, A., Rosyada, A. A., & Febriana, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran QuizWhizzer dan Kinemaster untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 3239–3245.

Ismail, S. D. L., Odja, A. H., & Suronoto, L. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizwhizzer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Alat Optik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 140(146). http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii

Novriyani, N., Satria, I., & Astuti, D. P. J. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bercerita Terhadap Kemampuan Menulis Fabel Siswa Kelas VII SMP 15 Kabupaten Bengkulu Utara, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, UINFAS Bengkulu. GHAITSA : Islamic Education Journal, 4(3), 430–442. https://siducat.org/index.php/ghaitsa

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. JDF, 12(1), 29–39.

Sanova, A., Afrida, & Ekaputra, F. (2022). Pengembangan Aplikasi Platform Open Course Berorientasi PjBL Dan Case Study Berbasis Gamifikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 142–150.

Shabrina, K. L. N., & Hayat, M. S. (2023). Pembelajaran Berbasis Etno-Bioedugame dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Sistem Reproduksi. Optimalisasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui PTK, 1517–1525.

Sumandya, I. W., & Saraswandewi, K. G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Quizwhizzer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 14(1), 1–6.

Thasbikha, S. A., Bafadal, I., Sumarsono, R. B., & Supriyanto, A. (2022). Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah dalam Manajemen Pembelajaran Online Efektif. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.17977/um027v7i12022p018

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

Ekaputra, F. (2023). Optimalisasi Aplikasi Quizwhizzer dalam Kegiatan Perkuliahan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning and Educational Studies, 1(2), 62–68. https://doi.org/10.62385/ijles.v1i2.47